Latest News
Thursday, July 21, 2016

Benang Kusut Kasus Kematian Mirna

Baca Juga




Beberapa hari ini kita diingatkan kembali tentang kasus kematian Wayan Mirna Salihin yang diracun dengan sianida yang terdapat pada kopi Vietnam yang diminumnya. Kasus ini tidak seperti kasus - kasus biasanya. pasalnya sudah hampir 6 bulan sejak kejadian, belum juga ditemukan pelaku sebenarnya, walaupun beberapa bukti mengarah kepada teman Mirna yang berada di tempat kejadian, Jessica. Pihak kepolisian dan pengadilan belum bisa memutuskan bahwa Jessica merupakan pelaku utama dari kematian Mirna.

Untuk membahas masalah ini, mari kita flashback sejenak untuk mengingat kronologis kejadian yang dirangkum dari berbagai sumber. 6 Januari 2016, Mirna, Hani, Jessica, dan Vera yang merupakan teman semasa menempun pendidikan di Australia berencana untuk berkumpul di Kafe Olivier pukul 18.30 WIB, namun Vera meminta izin untuk datang terlambat. Jessica ternyata datang lebih dahulu dari ketiga temannya dan memilih bangku nomor 54 dan memesan cocktail dan kopi Vietnam berdasarkan instruksi dari teman - temannya dari grup whatsapp. Tak lama kemudian, Mirna dan Hani pun datang. Tak lama kemudian, Mirna kejang - kejang, mulutnya berbusa

Begitu tiba di kafe, Mirna langsung menyeruput kopi Vietnam yang sudah dipesankan oleh Jessica. Baru sedikit mencicipi, Mirna sudah mengeluh dan mengatakan bahwa kopinya sangat tidak enak. Heran dengan ucapan temannya, Hani pun ikut mencicipi kopi tersebut dan berpendapat hal yang sama. Tak lama kemudian, Mirna pun kejang - kejang dan mengeluarkan busa putih dari mulutnya. Sontak beberapa orang pun berusaha untuk menolongnya hingga di bawa ke klinik. berdasarkan hasil laboratorium, bahwa ditemukan kandungan sianida dalam kopi Vietnam milik Mirna serta lambungnya,

baiklah, sekarang mari kita cek satu persatu. Ada beberapa nama yang dapat dijadikan tersangka, yang pertama adalah bartender atau sang peracik kopi. Namun apa motifnya ? kenal Mirna pun tidak. menjadi masuk akal jika ada yang menyuruhnya. Sampai tulisan ini dibuat, pengacara Jessica terus menuduh bartender yang bersalah dan bertanggung jawab atas kematian Mirna.

yang kedua adalah Vera. Vera menjadi hal yang masuk akal karena ia datang terlambat. Sebenarnya banyak pertanyaan soal Vera yang tidak dijelaskan ke publik, contohnya mengapa Vera bisa telat? bisa saja sebenarnya Vera sudah berasa di kejadian dan menyuruh bartender untuk memasukan sianida ke dalam minuman Mirna.

Ketiga adalah Hani. Justru saya melihat Hani sebagai orang yang paling aman karena segala alibi yang dapat menyudutkannya dapat dimentahkan. yang pertama adalah reaksinya ketika melihat Mirna kejang dan berbusa, dan justru hal ini malah menyudutkan Jessica yang terperangah saat itu. Yang kedua adalah ia ikut meminum kopi tersebut dan tidak terjadi apa - apa. Artinya, dia bukan pelaku, karena jika ia pelaku, maka ia tidak akan meminum kopi tersebut. Namun menurut saya justru ini yang menarik. Bagaimana bisa hanya Mirna yang tewas akibat meminum kopi bersianida tersebut sedangkan Hani tidak ? jika benar Hani lah pelakunya, ia tentu benar - benar hebat sehingga dapat membuat mata semua orang tertuju pada Jessica.

yang terakhir adalah Jessica. Jessica memang menjadi sorotan dalam kasus ini karena beberapa kejanggalan ada padanya. Pertama adalah ia datang lebih awal dan memilih tempat duduk yang menjadi blindspot bagi CCTV. Yang Kedua adalah reaksinya ketika melihat Mirna kejang - kejang yang hanya diam terpaku. Ketiga adalah ia membawa goodybag yang disinyalir untuk menutup kopi Vietnam saat ia memasukan sianida ke dalam kopi. Terakhir adalah hilangnya celana jins Jessica yang dibuang oleh pembantunya akibat bolong. Bolongnya celana jins Jessica diduga karena terkena sianida dan sampai saat ini polisi masih berpendapat bahwa sianida tersebut hilang bersamaan dengan celana Jessica.       


Ahmad Hidayah
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Twitter dan IG : @ismetibon

Sumber foto : http://kriminalitas.com/ 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Benang Kusut Kasus Kematian Mirna Rating: 5 Reviewed By: mindis.id