Latest News
Thursday, June 30, 2016

Sosok Hantu Seram Malah Di-Bully Netizen Indonesia

Baca Juga

SIAPA yang tidak kenal dengan sosok hantu bernama Valak? Ya, dia adalah hantu yang terlihat dalam film The Conjuring 2. Film ini mengisahkan tentang Janet Hodgson, seorang gadis yang diganggu setan, termasuk Valak, di Enfield Poltergeist. Rumah ini dikenal sebagai salah satu yang paling berhantu di Inggris. Kejadian supranatural di The Conjuring 2 terinspirasi dari kasus di Enfield Poltergeist, London pada tahun 1977. Di The Conjuring 2, sosok Valak diperankan oleh Bonnie Aarons.
Sosok Valak akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di media sosial, bukan karena sosoknya yang menyeramkan melainkan karena meme-meme yang dibuat oleh netizen membuat kita dapat tertawa terpingkal-pingkal. Bagaimana tidak, sesosok iblis menyeramkan yang digambarkan oleh film The Conjuring 2 ini malah dijadikan bahan banyolan yang menggelitik di tangan kreatif netizen. Mungkin bagi yang sudah menonton film ini, kesan pertama yang didapat setelah melihat sosok Valak ialah sosok hantu yang sangat menakutkan. Akan tetapi, setelah melihat meme yang dibuat netizen, kesan tersebut pun sirna. Bahkan, memikirkan hantu tersebut malah akan membuat kita tertawa. Berikut beberapa meme lucu para netizen:




Lantas mengapa sosok hantu ini menjadi booming dan di-bully di Indonesia? Mungkin karena nama hantu ini terdengar sangat tidak asing di telinga kita. Nama Valak memiliki kedekatan bunyi pada kata-kata seperti salak, kolak, galak, dan malak. Atau, karena tampilannya yang memakai penutup kepala seperti kerudung dan ber-make up tebal layaknya wanita-wanita yang merias wajahnya.
Sebenarnya, siapa sosok asli hantu Valak tersebut? Dikutip dari Wikipedia, Valak sebenarnya bukan seperti yang digambarkan oleh sang sutradara pada film The Conjuring 2, James Wan. Dalam demologi, Valak ialah presiden paling perkasa di neraka, dia memiliki 30 legiun setan yang dikomandoinya. 

Nama Valak atau Vala memang sudah menjadi legenda dalam dunia supranatural. Namanya sering kali disebut dalam literatur kuno seperti Dictionnaire Infernal, Pseudomonarchia Deamonum, dan Book of Goetia. Valak dikatakan digunakan untuk menyimpan beberapa rahasia. 

Setiap kali muncul, Valak berwujud seperti anak kecil yang memiliki sayap, dia tidak berjalan atau terbang melainkan menaiki naga berkepala dua. Sedangkan dalam kitab Goetia yang ditulis oleh S.L. Mac Gregor Mather, Valak tergambar sebagai Presiden Migthy and Great. Tidak jelas apa maksud dari Migthy and Great itu. Tapi tugas Valak tergambar sebagai iblis yang memberikan jawaban tentang letak harta karun tersembunyi. Jadi, sudah tahukan siapa Valak sebenarnya? Masih berani bully?

*Bayu Dirgantara
merseysideisred@gmail.com

























  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sosok Hantu Seram Malah Di-Bully Netizen Indonesia Rating: 5 Reviewed By: mindis.id