mindis.id
Latest News
Thursday, June 30, 2016

Ini Dia 10 Universitas Top di Dunia

Baca Juga




TUNTUTLAH ilmu hingga ke negeri China. Mungkin pepatah ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Namun, sebenarnya universitas – universitas terbaik di dunia tidak hanya berasal dari negeri gingseng loh. Berikut 10 universitas terbaik di dunia berdasarkan lembaga riset pendidikan Times Higher Education (THE) tahun 2016 : 






1. California Institute of Technology (Amerika Serikat)



Mungkin beberapa orang menyangka Harvard, Oxford, ataupun Cambridge merupakan universitas terbaik dunia. Faktanya, universitas yang sering disebut Caltech ini merupakan universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1891 silam ini memang terkenal dalam hasil risetnya. Bekerja sama dengan NASA, Caltech memiliki Jet Propulsion Laboratory yang berkonsentrasi mengenai operasi ruang angkasa. Universitas ini terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. 

  2. Oxford University (United Kingdom)


Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Sudah berdiri sejak abad ke 11, kampus ini melahirkan banyak orang – orang hebat, sebut saja seperti Bill Clinton (Mantan Presiden Amerika Serikat), Tony Blair (Mantan Perdana Menteri Inggris) serta Aung San Suu Kyi (Presiden Myanmar). Bahkan, beberapa filsuf abad pertengahan seperti John Locke dengan Trias Politica nya serta Adam Smith, salah satu pemikir ekonomi terkenal dunia merupakan salah satu alumni terbaik kampus ini. 

3. Stanford University (Amerika Serikat) 



Kualitas pendidikan di Amerika Serikat memang sudah tidak diragukan lagi. Universitas ini terkenal dengan metode pengajarannya serta hasil risetnya merupakan salah satu terbaik di dunia. Dalam sejarahnya, universitas ini didirikan oleh mantan gubernur California, Leland Stanford beserta isterinya Jane Stanford pada tahun 1891. Pendiri Google, Larry Page merupakan alumni dari Stanford university. 

 4. University of Cambridge (United Kingdom) 


Ini dia salah satu kampus terbaik di negeri ratu Elizabeth II dan termasuk dalam universitas tertua di dunia, yaitu didirikan pada tahun 1209. Kampus ini memang cukup terkenal di Indonesia, pasalnya ia berhasil beberapa kali meraih penghargaan nobel dan termasuk dalam kelompok Russel Group (kelompok universitas terbaik di UK). Salah satu alumninya adalah Charles Darwin yang terkenal dengan teori evolusinya yang kontroversial. 

 5. Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat) 



Sesuai dengan namanya, kampus ini memang terkonsentrasi dalam pengembangan teknologi dengan total fakultas sebanyak 32 fakultas teknik. Yang uniknya, kampus ini memiiki laboratorium pengembangan nuklir yang sebenarnya tidak boleh ada di daerah padat penduduk. Koffi Annan, mantan Sekretaris Jendral PBB asal Ghana merupakan salah satu alumni terbaik dari kampus ini.

6. Harvard Univeristy (Amerika Serikat) 



Ini dia universitas paling populer di dunia, Harvard University. Terletak di Massachusetts, Amerika Serikat, universitas ini termasuk salah satu kampus tertua di dunia, yaitu telah berdiri sejak 1636. Harvard University memiliki 9 fakultas, yaitu Art and Science, Divinity School, Law, Bussines, Design, Education, Public Health dan Government. Susilo Bambang Yudhoyono, mantan presiden Republik Indonesia dan mantan menteri perdagangan Gita Wirjawan merupakan lulusan dari universitas ini. 

7. Princeton University (Amerika Serikat) 



Kampus yang terletak di New Jersey Amerika Serikat ini sudah eksis sejak tahun 1896. Universita sini mengembangan riset di berbagai bidang, khususnya fisika plasma dan propulsi jet. Princeton University bekerja sama dengan Brookhaven National Laboratories, salah satu laboratorium terbaik di dunia. Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama merupakan alumni dari universitas ini. 

8. Imperial College London (United Kingdom) 



Universitas yang terletak di ibu kota Inggris ini masuk dalam jajaran 10 kampus terbaik di dunia. Didirkan sejak taun 1907, Para alumni dan stafnya telah memperoleh 15 Penghargaan Nobel, 2 Medali Fields, 70 Fellows Royal Society, 82 Fellow Royal Academy of Engineering dan 78 Fellow Academy of Medical Sciences. Kampus ini memiliki motto Knowledge is the adornment and protection of the Empire

9. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Zurich (Swiss) 



Ternyata, kampus terbaik di Swiss ini mampu masuk dalam deretan 10 kampus terbaik di dunia. Lembaga pendidikan tinggi ini berdiri tahun 1854 sebagai universitas negeri milik pemerintah Konfederasi Swiss. Universitas ini telah lahir banyak peraih Penghargaan Nobel, seperti Albert Einstein dan Wolfgang Pauli. Wilhelm Conrad Rontgen, penemu sinar X, juga menempuh studi dikampus ini. Kini, kampus yang terletak di Zurich ini berkonsentrasi dalam bidang bioteknologi dan biologi molekular. 

10. University of Chicago (Amerika Serikat)



University of Chicago adalah sebuah universitas swasta yang didirikan oleh pengusaha minyak bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890. Kampus ini memiliki 14 fakultas dan terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap. Bernie Sanders, salah satu calon presiden Amerika Serikat adalah salah satu lulusan terbaik dari universitas ini. 

 *Diolah dari berbagai sumber
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Dia 10 Universitas Top di Dunia Rating: 5 Reviewed By: mindis.id