Latest News
Thursday, June 30, 2016

Beasiswa Luar Negeri yang Paling Diincar

Baca Juga



BEASISWA memang menjadi salah satu jalan untuk dapat meneruskan pendidikan di kala mahalnya biaya pendidikan tersebut. Dan tak sedikit program beasiswa yang ditawarkan adalah melanjutkan pendidikan keluar negeri dengan komponen biaya menyeluruh, mulai dari uang kuliah sampai dengan biaya hidup. Berikut beberapa beasiswa luar negeri yang menawarkan pembiayaan menyeluruh yang patut untuk dicoba:
1. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
Beasiswa ini memang bisa dikatakan beasiswa paling diincar di Indonesia. Selain berasal dari pemerintah Indonesia sendiri, beasiswa ini juga menawarkan banyak kelebihan, misalnya seperti komponen pembiayaan yang menyeluruh mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, uang buku, hingga uang transportasi pulang dan pergi ke negara tujuan. Bahkan, jika yang sudah menikah dan memiliki anak, LPDP juga memberikan tanggungan kepada mereka. Selain itu, beasiswa untuk program master dan doktoral dikabarkan tidak memiliki kuota, alias siapa saja yang memenuhi syarat bisa untuk memperoleh dana pendidikan dari LPDP. Yang menariknya lagi, LPDP terbuka sepanjang tahun dan dikelompokkan ke dalam tiga bulan setiap satu batch-nya.
2. Chevening
Berbeda dengan beasiswa LPDP yang berasal dari pemerintah Indonesia, beasiswa Chevening berasal dari pemerintah UK (United Kingdom). Beasiswa ini juga menawarkan komponen biaya yang menyeluruh, mulai dari biaya hidup, biaya kuliah, uang buku, hingga biaya transportasi pulang dan pergi ke negara tujuan. Perbedaannya adalah, beasiswa ini tidak memberikan dana untuk keluarga dari para penerima beasiswa serta hanya dibuka satu tahun sekali, yaitu bulan Agustus. Chevening juga menawarkan beasiswa untuk masuk ke universitas-universitas top dari negeri Ratu Elizabeth II, misalnya seperti University of Cardiff, University of Aberdeen, dan lain-lain.
3. Fullbright
Siapa sih yang tidak ingin mencicipi kuliah di Amerika? beasiswa Fullbright adalah salah satu beasiswa yang dinaungi oleh AMINEF, lembaga yang mengurusi kerja sama pertukaran pelajar AS-Indonesia. Kelebihan dari beasiswa Fulbright adalah penerima beasiswa diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus ternama di AS. Selain menanggung biaya kuliah, Fubright juga menyiapkan tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, serta asuransi kesehatan.
4. Erasmus+
Bagi para pemburu beasiswa di Negeri Eropa, beasiswa Erasmus+ (dulu bernama Erasmus Mundus) adalah jawabannya. Beasiswa ini memiliki dana yang cukup besar untuk digelontorkan karena melibatkan konsorsium sejumlah negara di Eropa. Setidaknya 27 Negara Eropa turut ambil bagian dari beasiswa ini. Erasmus+ sendiri merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan negara-negara di Eropa bagi masyarakat luar. Hal inilah yang membuat beasiswa ini menjadi unik. Sang penerima beasiswa tidak hanya akan belajar di satu negara saja, misalnya tahun pertama di Palermo (Italia), lalu tahun kedua di Vienna (Austria), dan tahun ketiga di Lisbon (Portugal). Tentu bisa menjadi pengalaman yang menarik bukan? Beasiswa ini juga menanggung komponen pembiayaan menyeluruh, mulai dari uang kuliah, biaya hidup, tunjangan kesehatan, hingga biaya penelitian dan uang buku.
5. AAS (Australia Award Scholarship)
Siapa bilang untuk pendidikan harus jauh-jauh ke Negara Eropa atau Amerika? Pendidikan di Negeri Kanguru ini juga sudah cukup maju loh. Bahkan, beasiswa AAS yang diinisiasi oleh pemerintah Australia cukup menjadi incaran para pemburu beasiswa asal Indonesia. Beasiswa yang dulu bernama ADS ini memang khusus ditujukan bagi negara berkembang, misalnya Indonesia, Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik, termasuk Asia Selatan dan Papua Nugini. Penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan beberapa fasilitas lain.
6. DAAD
Jerman menjadi salah satu negara yang cukup populer untuk melanjurkan studi master dan doktoral bagi para calon mahasiswa asal Indonesia. Kredibilitas negara yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi, sebut saja mantan presiden BJ Habibie yang merupakan lulusan dari universitas ternama Jerman. Beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswa internasional dan profesional muda dari sejumlah negara berkembang, baik di kawasan Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Eropa Timur. Setiap tahun beasiswa DAAD rutin digulirkan. Penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lain.


Sumber gambar: https://blog.tokopedia.com/wp-content/uploads/2014/05/Traveling-ke-Luar-Negeri-Blog.png


*Ahmad Hidayah
ismetibon@gmail.com
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Beasiswa Luar Negeri yang Paling Diincar Rating: 5 Reviewed By: mindis.id